Mengaktifkan https costum domain blogger
Multilenial.com

MULTILENIAL.COM | Bagi pengguna blogger, setelah memasang domain pihak ketiga atau TLD blog akan otomatis dialihkan ke jalur http. Http ini dianggap tidak aman oleh seacrh engine karena minim pengaman. Oleh karena itu, search engine khusunya Google bot akan mengesampingkan situs yang berjalur http karena dianggap kurang aman.

Oleh karena itu, mengaktifkan https sangatlah penting dan dapat berdampak baik bagi blog Anda. Namun biasanya setelah dipasang costum domain atau sudah ber-TLD, https dinonaktifkan. Namun jangan kawatir karena saya akan memberikan tutorial cara pasang https pada custom domain di blogger.

Bagi pengguna blogger, setelah memasang domain pihak ketiga atau TLD blog akan otomatis dialihkan ke jalur http. Http ini dianggap tidak aman oleh seacrh engine karena minim pengaman. Oleh karena itu, search engine khusunya Google bot akan mengesampingkan situs yang berjalur http karena dianggap kurang aman.Bagi pengguna blogger, setelah memasang domain pihak ketiga atau TLD blog akan otomatis dialihkan ke jalur http. Http ini dianggap tidak aman oleh seacrh engine karena minim pengaman. Oleh karena itu, search engine khusunya Google bot akan mengesampingkan situs yang berjalur http karena dianggap kurang aman.

Perlu diketahui ! Setelah pasang https di blog Anda, pengunjung akan menurun drastis. Namun hal ini wajar dan Anda jangan khawatir. Menurunnya pengunjung hanya sementara, lambat laun pengunjung akan berangsur-angsur pulih. Bahkan akan bertambah karena lebih terlihat SEO di mata mesin pencari.

Bagaimana cara mengaktifkan https setelah menggunakan custom domain di blogger? Cekidot, saya akan bahas cara-caranya.

  • Masuk ke halaman draft blogger
Pertama, Anda harus masuk ke halaman situs draft blogger. Anda bisa klik disini untuk masuk ke halaman draft blogger. Atau Anda bisa menambahkan draft pada link di blogger. (lihat gambar dibawah)
Setelah itu Anda tunggu sampai loading pagenya selesai.

  • Masuk ke dashboard blogger
Setelah loading selesai, Anda akan melihat halaman seperti dashboard blogger biasa. Namun terlihat berbeda di link bloggernya. Tampilannya seperti ini.
  • Masuk ke halaman Setting
Setelah memastikan Anda berada di halaman draft blogger, selanjutnya Anda masuk menu Setting => Dasar => Https. Kemudian klik  Ya pada menu Ketersediaan Https. Tunggu beberapa saat. Dan muat ulang halaman. Anda bisa menggunakan tombol F5 untuk me-refresh halaman draft blogger.

  • Aktifkan Pengalihan Https
Setelah refresh halaman selesai, lihat apakah menu Pengalihan Https sudah tersedia. Ketika sudah, ganti menjadi Ya. Apabila telah diubah jangan lupa Simpan.


Proses pengalihan https awal telah selesai, selanjutnya Anda perlu melakukan proses lanjutan pasca pengalihan https.

Proses lanjutan

  • Mengganti semua link
Ganti semua link yang berawalan http menjadi https pada Template blogger Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mempermudah penggantian https ke https. Setelah itu, jangan lupa disimpan.

  • Submit ulang ke Webmaster
Jangan lupa, setelah mengaktifkan https Anda harus submit ulang ke webmaster menggunakan awalan https. 

  • Fix Iklan Adsense
Setelah mengaktifkan https, iklan Adsense tidak akan muncul. Namun jangan khawatir, ada solusi yang bisa dilakukan untuk memperbaiki iklan Adsense yang tidak muncul pada https.

Pertama,
Hapus kode script Adsense berikut
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

Kedua,
Tambahkan kode script berikut tepat diatas kode </body>

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
(function() { var ad = document.createElement('script'); ad.type = 'text/javascript'; ad.async = true; ad.src = 'https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'; var sc = document.getElementsByTagName('script')[0]; sc.parentNode.insertBefore(ad, sc); })();
//]]>
</script>

Ketiga,
Masuk ke akun Adsense Anda. Kemudian masuk ke menu My Sites kemudian tambahkan situs Anda dengan awalan https.

Proses fix iklan Adsense telah selesai, namun iklan tidak akan langsung muncul. Kemungkinan iklan akan muncul setelah 3 hari pasca pemasangan https.

Kesimpulan
Menggunakan https pada url blog akan membuat blog terlihat SEO di mata search engine, sehingga pengunjung akan lebih meningkat karena naiknya peringkat di SERP Google khusunya.

Sekian artikel tentang cara mengaktifkan https pada custom domain di blog semoga bermanfaat. Terimakasih. Salam blogger!

Berkomentar

Lebih baru Lebih lama