Multilenial.com

MULTILENIAL.COM | Sitelink merupakan sebuah kumpulan link yang otomatis muncul pada list hasil Google Pencarian (Google Search). Namun tidak semua blog/ website memiliki sebuah sitelink karena sitelink diberikan kepada blog/ website yang sesuai dengan kriteria yang diberlakukan oleh Google. Banyak bacaan mengenai kriteria-kriteria blog/ website yang dapat mempunyai sebuah sitelink. Saya pun akan mengulas kriteria apa saja yang harus dimiliki oleh sebuah blog/ website agar dapat menampilkan sitelink pada blog/ websitenya. Selain kriteria, saya akan mengulas cara unik blog ini untuk mendapatkan sebuah sitelink. Apa saja kriteria dan cara unik yang ditempuh blog ini untuk mendapatkan sebuah sitelink? Cekidot!


KRITERIA

Banyak situs-situs besar yang menyebutkan bahwa sebuah blog/ website bisa mendapatkan sitelink jika blog/ website tersebut memiliki kriteria sebagai berikut, yaitu:

Memiliki Konten yang Berkualitas

Konten yang berkualitas merupakan faktor utama dalam keberhasilan mendapatkan sitelink. Pastikan konten yang dibuat berkualitas. Tips membuat artikel yang berkualitas

Memiliki visitor yang stabil dan banyak

Walaupun tidak ada pernyataan yang jelas mengenai jumlah visitor yang memenuhi kriteria. Namun beberapa pakar blog menyebutkan bahwa visitor yang memnuhi syarat adalah 200/ hari. Cara meningkatkan visitor blog

Ber TLD

Banyak keuntungan yang bisa diambil dari memasang TLD. Anda bisa membaca artikel ini untuk informasi lebih lanjut mengenai TLD ( Top Level Domain)

Template yang berkualitas

Blog/ website harus menggunakan template yang berkualitas serta SEO. Juga telah lulus testing Data Markup. 5 Template SEO dan Responsive

Perlu diingatkan, kriteria-kriteria ini tidak sepenuhnya akurat. Namun tidak salahnya untuk memenuhi kriteria-kriteria tersebut sehingga lebih meningkatkan kemungkinan mendapatkan sitelink.

CARA UNIK BLOG MULTILENIAL MENDAPATKAN SITELINK

Membangun sebuah website penuh dengan perjuangan. Perjuangan dan eksperimen mewarnai dalam perjalanan memangun blog multilenial ini. Beberapa pengalaman yang amat unik yaitu salah satunya adalah mendapatkan sebuah sitelink. Walaupun sebenarnya umur blog ini amatlah muda, namun saya berhasil membuat Google memberikan hadiah yakni menampilkan sitelink pada penelusuran. Cara-cara yang saya tempuh agak berbeda dengan kebanyakan blogger lainnya. Namun cara tersebut ternyata ampuh untuk bisa menampilkan sebuah sitelink. 

Saya tidak sepenuhnya melakukan sesuaitu untuk memenuhi kriteria blog yang bisa mendapatkan sitelink seperti yang telah saya tulis diatas. Tetapi saya juga tidak membantah pernyataan diatas, karena memang kebanyakan blogger menggunakan cara tersebut untuk mendapatkan sebuah sitelink. Seperti inilah yang saya lakukan untuk bisa mendapatkan sitelink:

  • Mengganti template sebanyak 3 kali
Aneh rasanya, kok hanya mengganti template sebanyak 3 kali bisa mendapatkan sebuah sitelink. Jujur saja, saya hanya pernah menggunakan 3 template saja yang dipasang pada blog ini. Awalnya saya tidak yakin dengan pernyataan ini, namun saya bereksperimen menggunakan blog lain dan melakukan penggantian template sebanyak 3 kali dalam kurun waktu 3 bulan. Dan ternyata hasilnya berhasil menampilkan sebuah sitelink walaupun hanya satu. Dari situlah saya mulai yakin dengan pernyataan tersebut.

  • Spam dalam melakukan testing Data Markup
Setelah saya mengganti template dan mendapatkan template yang cocok dan ringan, saya melakukan testing Data Markup. Awalnya ada kesalahan, namun saya perbaiki kesalahan tersebut dan berhasil memperbaiki kesalahan tersebut. Saking banyaknya saya mencari cara agar kesalahan tersebut dapat diatasi, secara tidak sadar saya melakukan spam testing Data Markup. Dan anehnya saya tidak dianggap spam oleh Google, bahkan saya diberi hadiah yakni mendapatkan sitelink. Pada waktu itu sitelinknya masih satu. Kemudian saya coba spam lagi dan ternyata diberi hadiah lagi yakni sitelink yang kedua. Pada akhirnya blog ini mendapatkan 2 sitelink. Namun saya tidak melanjutkan cara aneh ini karena saya takut nantinya blog saya dianggap spam oleh Google.

Cara ini tidak dapat dibenarkan karena cara aneh ini tergolong ekstrem. Apalagi cara yang kedua. Blog Anda bisa dianggap spam dan diblock oleh Google.

Itulah artikel tentang tips mendapatkan sitelink dari Google. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat. Nantikan terus artikel lainnya. Salam Blogger!

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama